Yuliana Jusuf

About

"Writing is my theraphy"--Yuyu

Penulis adalah seorang introvert dengan kategori INTP yang katanya sangat jarang. INTP artinya pikiran logis berperan sangat besar sehingga faktor emosi tidak berfungsi dengan baik. Dikatakan seorang INTP bukan tidak memiliki emosi, namun mereka memiliki kesulitan untuk menunjukkan respon emosionalnya dengan tepat--baik dengan kata-kata atau perbuatan. Ketidakmampuan penulis mengutarakan emosi sering membuatnya frustasi.

Oleh karena itu dianjurkan untuk seorang INTP melakukan aktivitas yang dapat menyalurkan emosi. Menulis ternyata sangat membantu menyalurkan semua kata-kata yang ada di kepalanya, yang tidak bisa dikeluarkan secara lisan. Setiap kali membuka mulut, kata-kata itu hilang.

Penulis baru mulai menulis di medsos sekitar setahun lalu, awalnya hanya menuliskan opini mengenai apa yang berkesan di hidupnya--mengenai pekerjaan atau memori yang bisa menjadi pelajaran. Kemudian tulisannya meningkat ke tahap yang serius.

Akhir tahun ini penulis memberanikan diri ikut kompetisi menulis. Adanya dukungan dari teman yang menyemangati untuk menulis membuatnya terdorong untuk lebih serius mendalami tulisan.

Terima kasih yang sangat besar tidak dapat penulis ungkapkan secara lisan--ia yakin ia akan menangis sesegukan ketika membuka mulut. Oleh karena itu penulis mengambil kesempatan ini untuk mengatakan, "thank you friend."